Senin, 07 Mei 2012

Obyek Wisata alam (perairan/pedalaman) Lombok Tengah

Obyek Wisata alam (perairan/pedalaman)
 

Benang Stokel, Benang Kelambu dan Aik Bukak
Benang Stokel
Meskipun kedengarannya awam, tidak ada salahnya mencoba mengunjungi air terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu. Air terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu terletak di sekitar daerah Aik Berik, Batukliang (Lombok bagian tengah). Dapat ditempuh menggunakan mobil sekitar 1,5 jam dari Senggigi atau 1 jam dari Mataram. Sepanjang perjalanan tampak hamparan sawah yang subur dan suasana pedesaan. Semakin mendekati air terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu, jalan semakin sempit dan tidak beraspal. Sebenarnya terdapat 7 air terjun di kawasan tersebut, akan tetapi baru dibuka 2, yaitu Benang Stokel danBenang Kelambu.
Tiba di gerbang air terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu, dikenakan karcis masuk seharga lima ribu Rupiah. Setelah itu kita dapat mulai petualangan kita dengan didampingi seorang guide lokal. Pertama kita menyusuri jalan kecil menuju air terjun Benang Stokel. Beberapa meter setelah memasuki gerbang, akan dijumpai beberapa warung. Setelah berjalan sekitar 30 menit, menyusuri jalan berbatu, dari kejauhan tampak indahnya air terjun Benang Stokel yang turun ke bawah. Lalu menuruni tangga untuk sampai di air terjun. Begitu tiba dibawah, tampak dua air terjun yang berdekatan, turun dari ketinggian sekitar 20 meter.
Setelah puas menikmati pemandangan air terjun Benang Stokel, perjalanan dilanjutkan menuju air terjun Benang Kelambu sekitar 1 km. Jalan setapak yang ditempuh lebih sulit karena menanjak, sempit dan licin saat hujan. Setelah berjalan sekitar 45 menit, sampailah di air terjun Benang Kelambu. Air terjun Benang Kelambu lebih besar daripada air terjun Benang Stokel. Air yang turun dari ketinggian 40 meter disela sela tumbuhan, tampak seperti kelambu, sehingga dinamakan air terjun Benang Kelambu.
Benang Kelambu
Untuk melepas lelah, pengunjung dapat mandi disitu atau sekedar bermain air yang mengalir di sela sela bebatuan. Udara sejuk ditambah dengan segarnya air mampu menghilangkan rasa lelah setelah berjalan di medan yang berat.
Saat pulang, perjalanan yang ditempuh tidak seberat saat datang. Jalannya lebih lebar, bahkan melewati jalan yang sedang dibuat untuk jalur mobil menuju air terjun Benang Stokel. Sepanjang jalan tampak perkebunan pisang milik penduduk setempat. Kalau beruntung, kita akan menjumpai monyet yang bermain di dalam hutan.




Pemandian Aik Bukak



Objek wisata tertua di Kabupaten Lombok Tengah dibangun sekitar tahun 1970, berupa kolam pemandian yang dikelilingi hutan hijau dengan suasana alam yang segar. Airnya jernih dengan beragam tempat untuk mandi. Aik Bukak menawarkan nuansa berlibur yang berbeda bagi keluarga. Tempat ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk rekreasi dan mandi, restoran, tempat pertemuan, penginapan dan juga toko-toko souvenir. Berlokasi di Desa Aik Bukak Kecamatan Batukliang Utara, sekitar 20 Km utara Kota Praya. Aik Bukak lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik pada hari minggu dan hari-hari libur lainnya.

Tidak ada komentar: