Jumat, 06 Juli 2012

Kolak Pisang Mantab Buat Buka Puasa

Bulan puasa telah tiba, berbagai upaya dalam mencegah hawa nafsu harus dilakukan. Puasa bulan Ramadhan 1432H ini setidaknya menjadi gemblengan kita akan iman dan taqwa sebagai umat muslim.
Bulan puasa Ramadhan 1432H atau bulan puasa Ramadhan sebelumnya mungkin akan selalu berkesan dan mungkin akan menjadi bulan yang dinantikan kembali jika puasa telah usai. Hal yang paling indah adalah saat menjelang berbuka puasa, berbagai macam menu disuguhkan mulai dari hidangan pembuka dan hidangan penutup.


Hidangan pembuka berbuka puasa disunahkan adalah makanan atau minuman yang berasa manis. Makanya setiap bulan puasa, para ibu-ibu pasti akan berburu resep minuman atau makanan yang berasa manis, salah satunya adalah kolak. Entah itu kolak Pisang atau Kolak Ubi atau kolak lainnya.






Resep cara membuat kolak memang sebenarnya sangat mudah. Contoh yang paling sederhana adalah Kolak Pisang. Banyak yang tidak tahu cara membuat kolak pisang yang benar dan kolak tersebut akan berasa lain dari kolak yang lain.

Berikut ini adalah Resep cara membuat kolak pisang sederhana :
Bahan membuat kolak pisang sederhana :
10 bh pisang kepok kuning, iris melintang serasi
500 gr buah atap (kolang-kaling)
250 gr gula merah
3 sdm gula pasir
250 ml air
500 ml santan kental
3 lbr daun pandan
1 – 2 sdt garam
Cara membuat kolak pisang sederhana :
Rendam buah atap dengan air mendidih. Tiriskan.
Rebus gula merah, gula pasir, dan garam dengan 250 ml air hingga larut. Saring.
Tambahkan santan dan daun pandan. Rebus dengan api kecil. Aduk-aduk.
Sebelum mendidih, masukkan irisan pisang dan buah atap. Aduk-aduk hingga mendidih dan pisang matang. Sajikan.
Tips dan trik dalam membuat kolak pisang :
Usahakan santan tidak ‘pecah’ dengan cara mengaduk kolak secara konstan.
Jangan membiarkan kolak terlalu lama mendidih. Termasuk, jangan memanaskan kolak berkali-kali, daripada kuahnya ‘berminyak’. Tidak asik lagi.
Setiap membuat hidangan dengan santan, meskipun hidangan itu manis, gunakan garam secukupnya. Garam memberikan efek mantap pada santan.
Info diatas mungkin bisa membantu para ibu-ibu dalam menyajikan menu berbuka puasa. Kolak pisang sederhana diatas mungkin bisa dikembangkan hingga bisa menjadi kolak pisang istimewa dengan menambahkan bahan-bahan membuat kolak pisang lainnya. Silakan mencoba cari alternatif lain agar kolak pisang bisa menjadi istimewa yang mempunyai ciri khas sendiri.

Tidak ada komentar: