Selasa, 03 April 2012

Wisata Air Terjun Sendang Gila Lombok


Air Terjun Sendang Gile
Salah satu tujuan yang wajib kunjung selama di lombok adalah air terjun di kaki Rinjani, tepatnya di Senaru, Lombok Utara. Dengan mendaki jalur trekking beton disambung dengan tanah kurang lebih 15 menit, maka air terjun pertama siap menyambut, itulah Air Terjun Sendang Gile. Sedangkan apabila dilanjutin lagi menembus jalur trekking tanpa jalur maka air terjun kedua siap menyambut, itulah Air Terjun Tiu Kelep.
Sebenarnya masih ada satu air terjun lagi, tapi membutuhkan waktu 1 hari untuk mencapainya dengan berjalan kaki. 



       @SEKILAS INFO
Dua air Terjun ini benar-benar luar biasa indahnya. Sampai saat ini, Sendang Gile dan Tiu Kelep adalah air terjun terindah yang pernah saya lihat secara langsung. Salah satu yang membuat saya kagum adalah ketika hujan turun air yang jatuh menghujam tetap berwarna putih bukan keruh. Selain itu sumber jatuhnya air pun tidak hanya satu titik, namun terdapat beberapa titik yang membuat air terjun semakin mempesona.
Rumah Makan Senaru (Sop Ayamnya kentang dan wortel semua, hihi)
Air Terjun Sendang Gile bahkan dapat dilihat dari Rumah Makan Senaru yang berada di depan pintu masuk ke air terjun. Air terjun tersebut tampak begitu indah bersanding dengan rimbunan pepohonan hijau. Sedangkan Air Terjun Tiu Kelep berada lebih dalam hutan jika dibanding dengan Sendang Gile sehingga tidak terlihat dari luar. Waktu tempuh Tiu Kelep dari Sendang Gile sekitar 20-30 menit berjalan kaki!
@CARA MENUJU
Menggunakan jasa mobil kijang inova charteran (450rb/24jam belum bensin) karena merasa lebih menguntungkan, baik dari waktu dan kenyamanan.
Sepanjang perjalanan ke Senaru, Bayan, Lombok Utara ada bemo juga kok tapi saya kurang paham apakah bemo itu sampai ke Senaru atau tidak.
Rute yang ditempuh dari Mataram adalah menuju ke arah bangsal, bisa melalui senggigi atau Monkey Forest yang eksotis karena monyet2 berjejer di pinggir jalan, kemudian dari bangsal mengambil arah ke Bayan.
@TIPS
  • lebih baik langsung menuju pintu masuk dan bayar karcis lalu mengikuti jalur trekking yang sudah ada hingga menuju air terjun pertama, yaitu Sendang Gile. Sedangkan untuk Tiu Kelep memang belum terdapat jalur trekking, tapi jika dilakuin bareng-bareng pasti nggak akan nyasar kok karena jalur trekking tanahnya jelas.
  • Jalur menuju Tiu Kelep ini tidak kalah cantik dengan Air Terjunnya karena harus melewati jembatan tinggi dan lewat pinggir sungai yang bening sekali.



  • Berkunjung ke Sendang Gile dan Tiu Kelep lebih baik dilakukan dalam sehari tanpa perlu menginap karena memang bisa dilakukan dengan berangkat pagi dan pulang ketika siang atau sore.
  • Lebih baik siapkan pakaian ganti jika ingin bermain air di air terjun karena sayang sekali jika nggak ikutan terjun ke kubangan air yang bening dan segar itu! 

Tidak ada komentar: