Selasa, 08 Mei 2012

Obyek Wisata budaya (kehidupan masyarakat) Lombok Tengah

Kerajinan Gerabah Penujak, Kerajinan Tenun Tradisional Sukarare, Kerajinan Anyaman Rotan/ Ketak Beleke. Aktivitas wisata yadalah study tour, penelitian, shopping.
Proses Pembuatan Gerabah Penujak
Penujak merupakan penghasil utama gerabah Lombok dengan mutu terbaik. Secara turun-temurun pembuatan gerabah semula adalah pekerjaan wanita dan kaum pria bertugas untuk pemasarannya. Namun kini seiring dengan banyaknya permintaan terutama untuk pasar eksport, mereka sama-sama terlibat dalam semua proses pembuatan gerabah, termasuk dalam menciptakan desain-desain terbaru.
Penenun Songket
Sentra kerajinan tenun Lombok terletak di Desa Sukarara, Kecamatan Jonggot, Kabupaten Lombok Tengah. Dari Mataram, kita bisa menempuhnya dalam waktu sekitar 30 menit dengan kendaraan pribadi atau taksi. Jangan berharap pada kendaraan umum. Maklum, kendaraan umum di pulau ini terbatas, baik dalam jumlah maupun waktu operasionalnya.

Kita harus menelusuri Jalan Raya Praya, satu-satunya jalan raya besar yang mengarah ke Sukarara. Sentra tenun ini terletak di dekat pasar dan masjid di Sukarara. Untuk menuju pusat tenun, kita berbelok dan masuk ke gang yang kondisi jalannya beraspal seadanya. Kira-kira 500 meter dari jalan raya, kita akan menemukan beberapa rumah yang menyediakan tenun. Di sinilah pusat penjualan berbagai tenun Lombok.
Kerajina Ketak
Pulau Lombok menjadi terkenal pun, seni kerajinan tangan sudah sejak lama dibudidayakan dan menjadi tradisi orang Sasak (masyarakat adat di Lombok). Banyak desa-desa yang bertumbuh menjadi pusat-pusat kerajinan tangan.
Desa Beleka adalah salah satunya. Desa yang terletak 15 km di arah Timur kota Praya, Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah ini merupakan salah satu pusat kerajinan tangan, terutama kerajinan rotan dan ketak. Selain rotan, kerajinan lain yang diproduksi adalah kerajinan kayu, keris dan keramik. Sudah lebih dari 25 tahun desa ini menjadi supplier kerajinan rotan untuk dijual kembali di Bali.

Tidak ada komentar: